Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Edit Foto RAW di Photoshop




Bagaimana Cara Edit Foto RAW di Photoshop?
Di artikel ini saya akan bahas bagaimana cara edit foto dengan format RAW menggunakan Photoshop.

Hai, ketemu dengan saya Alvian Indonesia
Di blog ini saya biasa berbagi tips dan informasi seputar desain grafis, fotografi, dan blog. 
Jadi buat kalian yang baru mampir ke sini dan tertarik dengan konten blog ini, jangan ragu untuk subscribe ya! 

Oke pertama kita bahas dulu apa itu foto RAW?
Secara sederhananya, foto format RAW itu adalah foto yang dihasilkan dari kamera dalam keadaan yang masih mentah atau belum matang. File dengan format RAW ditandai dengan ekstensi di belakang nama filenya. Misalnya untuk kamera Nikon biasanya 001.NEF, kamera Canon 001.CR2, kamera Sony 001.ARW dan sebagainya.

Selain format RAW, kamera juga bisa menghasilkan foto dengan format JPG, dan ini yang lumrah dipakai sehari-hari. Karena sederhannya, foto JPG ini sudah mateng, tidak perlu diedit lagi.

Lalu, apa fungsi kita memotret dengan format RAW?
Fungsi kita memotret dengan format RAW adalah supaya foto yang dihasilkan lebih mudah dan fleksibel dalam proses editing. Karena di dalamnya terdapat data yang jauh lebih banyak dibanding foto JPG.

Sekarang, kapan saat yang tepat untuk memotret RAW?
Menurut pengalaman saya, format RAW ini cocok digunakan saat memotret dengan kondisi cahaya yang kurang proper, yaitu situasi dimana antara area terang dan gelap itu sangat timpang. Misalnya kondisi background yang terlalu terang dibandingkan objek. Dalam kasus ini saya contohkan foto model saya di atas. 

Kalau kita mengukur metering (patokan exosure) pada langit (background), maka yang terjadi adalah model akan tampak gelap. Sedangkan jika kita mengukur metering pada model, langit sudah pasti akan tampak flat, awan tidak kelihatan. Jika kita memotret model dengan kondisi seperti ini dengan format JPG, maka sulit sekali untuk mengedit fotonya supaya detail awan di langit bisa kita recovery (tampilkan), karena foto sudah dimasak secara matang oleh kamera.

Nah, disinilah foto dengan format RAW akan menolong proses editing menjadi lebih fleksibel, kita dengan mudah bisa merecovery awan di langit yang tadinya terlihat flat. 

Seperti apa proses cara edit foto RAW di Photoshop? 
Langsung saja tonton video di bawah ini:


Download stock fotonya di sini:


----
Follow akun instagram saya di sini @alvian.indonesia
Subscribe Youtube saya di https://youtube.com/c/AlvianIndonesia
Alvian Indonesia
Alvian Indonesia Tips desain grafis, fotografi dan editing dari Alvian Indonesia. IG:@alvian.indonesia

1 komentar untuk "Cara Edit Foto RAW di Photoshop"