Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar Photoshop Untuk Pemula : #1 Mengenal Photoshop



Jika sebelumnya saya pernah menulis tips dan trik editing foto menggunakan Adobe Photoshop, maka kali ini akan sedikit berbeda, karena saya akan membuat seri tutorial tentang Dasar Photoshop Untuk Pemula. Jadi bagi teman-teman yang baru mau belajar Adobe Photoshop bisa mengikuti setiap episode yang saya terbitkan di seri ini.

Artikel ini merupakan seri pertama dengan topik Mengenal Photoshop. Berikut materi yang akan dipelajari pada episode kali ini: 

Episode #1 Mengenal Photoshop

  1. Open File, Create New Document
  2. Workspacae, Menu Bar, Tools Panel. Option Bar, Document Window
  3. Zoom and Pan : Zoom Tool & Hand Tool
  4. Undo, Redo, Step Backward, History
  5. Save work
Dari kelima poin itu akan saya jelaskan fungsinya secara singkat.

1. Open File, Create New Document

Open File digunakan untuk membuka file berupa foto, atau file .Psd yang pernah kita buat sebelumnya, baik untuk satu file atau beberapa file sekaligus.

Sedangkan Create New Document biasanya kita gunakan jika kita ingin membuat project dari awal, misalnya membuat desain poster dari nol. Di sini kita diberikan berbagai pilihan template desain berdasarkan ukuran yang telah diatur, misalkan untuk poster ukuran A4, post card, UI Smartphone, dan Film. 

2. Workspace, Menu Bar, Tools Panel, Option Bar, dan Document Window

Istilah Workspace adalah layout penempatan fasilitas tools yang ada di Adobe Photoshop. Apa saja yang mau ditampilkan, dan bagaimana penempatannya itu yang disebut Workspace. Pada gambar di bawah ini dapat dilihat sebagai berikut:
  1. Menu Bar : Berisi menu utama yang berisikan perintah yang ada di Photoshop.
  2. Option Bar : Berisi pilihan variabel yang berbeda berdasarkan Tools yang digunakan.
  3. Tools Panel : Berisi tool yang mempunyai fungsi masing-masing.
  4. Document Window : Menampilkan visual pekerjaan kita.


3. Zoom and Pan : Zoom Tool & Hand Tool

Zoom Tool biasanya digunakan untuk memperbesar tampilan foto atau gambar yang ada pada Document Window. Ada berbagai cara untuk menggunakan fasilitas Zoom Tool ini, yaitu menggunakan kombinasi keyboard, mouse wheel, dan juga option bar.



Sedangkan Hand Tool digunakan untuk menggeser bagian area mana dari sebuah foto yang akan kita tampilkan di document window. Baik Zoom Tool maupun Hand Tool ini sangat erat hubungannya dan biasanya sering digunakan secara bergantian.


4. Undo, Redo, Step Backward, dan History

Mungkin beberapa dari kalian sudah tidak asing dengan fitur seperti Undo dan Redo, karena di beberapa software seperti Microsoft Word juga ada fitur ini, yaitu berfungsi untuk kembali ke langkah sebelumnya atau maju ke langkah sesudah nya. Fitur Undo dan Redo di Adobe Photoshop juga sama fungsi seperti pada Microsoft Word. Namun ada tambahan Step Backward yang memungkinkan kita bisa kembali ke beberapa langkah sebelumnya dan History bisa kita pilih kembali ke tahap yang mana dengan sekali klik.


5. Save work

Adobe Photoshop memungkinkan kita untuk menyimpan file dengan berbagai format. Untuk format original Photoshop sendiri berformat .PSD. Selain format original, file yang kita kerjakan di Photoshop juga bisa disimpan ke berbagai format lain seperti .JPG, PDF, TIFF, PNG, dan sebagainya.


Itulah lima poin yang kita pelajari pada Dasar Photoshop Untuk Pemula episode #1 Mengenal Photoshop. Untuk melihat lebih detail bagaimana menggunakan fitur dan tools yang sudah disebutkan di atas, saya sudah membuatkan videonya di Kanal Youtube saya. Saya lampirkan juga ya di bawah, jadi tinggal tonton saja. Jangan sungkan untuk subcribe juga ya supaya dapetin update video baru dan untuk mendukung Kanal Youtube dan blog saya ini. Hehe 


Demikian Seri Dasar Photoshop Untuk Pemula episode pertama tentang Mengenal Photoshop. Jika ada pertanyaan bisa tulis di komentar ya. Silahkan dishare jika dirasa bermanfaat.

Yuk, terhubung!

Alvian Indonesia
Alvian Indonesia Tips desain grafis, fotografi dan editing dari Alvian Indonesia. IG:@alvian.indonesia

Posting Komentar untuk "Dasar Photoshop Untuk Pemula : #1 Mengenal Photoshop"