Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Edit Foto Over Exposure di Photoshop



Apakah foto yang Over Exposure masih bisa diedit? Jawabannya Bisa! Tapi kalau kamu memotret menggunakan format RAW. Jika kamu memotret menggunakan format JPG, biasanya sudah tidak terselamatkan. Hehe

Halo semuanya, kali ini saya bakal sharing bagaimana Cara Edit Foto Over Exposure atau cerahnya kebablasan. Sebenarnya solusinya harus kita antisipasi dulu saat sebelum memotret. Kok bisa? Ya, karena dengan melihat situasi pencahayaan yang sangat timpang gelap terang nya, kita harus mempredisksi bahwa nanti bakal terjadi foto yang over exposure atau under exposure.

Maka langkah pertama sebelum memotret pastikan settingan pada format atau ukuran file pilih RAW Size L, atau yang paling besar. Setelah itu bisa langsung memotret dengan mengatur segitiga exposure, yaitu ISO, Speed, dan Aperture, supaya exposure foto kita tepat. Kalau ternyata masih meleset, ya harus diedit. File dengan format RAW ini menjadikan foto lebih mudah dan fleksibel untuk diedit, karena data foto lebih banyak, sehingga meskipun diedit secara ekstrim, foto tidak rusak.




Sebagai contoh saya akan berikan perbandingan dua jenis foto di atas, untuk foto RAW sendiri filenya mencapai 23,7 MB sedangkan foto JPG ukuran filenya hanya 1,52 MB. silahkan nanti teman-teman bisa coba untuk edit, dan lihat hasilnya bagaimana. Silahkan download sampel foto di atas di sini:

Kemudian bisa tonton video di bawah ini untuk melihat proses Edit Foto Over Exposure di Photoshop:



Demikian Cara Edit Foto Over Exposure di Photoshop. Jika ada pertanyaan bisa tulis di komentar ya. Silahkan dishare jika dirasa bermanfaat. 


Yuk, terhubung!
Alvian Indonesia
Alvian Indonesia Tips desain grafis, fotografi dan editing dari Alvian Indonesia. IG:@alvian.indonesia

Posting Komentar untuk "Edit Foto Over Exposure di Photoshop"