24 C
en

Editor Foto Berteknologi Artificial Intelligence : Luminar AI


Luminar AI mengenalkan trend editor foto dengan pendekatan baru yang didukung penuh oleh teknologi Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) dalam pengolahan sebuah gambar.

Luminar AI dibuat untuk mengurangi kesulitan dalam mengedit sebuah foto yang biasanya semua teknik dilakukan secara manual, mulai dari seleksi, koreksi warna, sekarang bisa dikerjakan secara otomatis berkat sistem AI yang ada.

Luminar AI tidak dibuat sebagai pengganti Photoshop atau Lightroom, atau menjauhkan fotografer dari aplikasi editing foto yang mereka gunakan sebelumnya. Justru ada versi Plugin Luminar AI yang bisa dipasang di Photoshop. Target pengguna aplikasi ini adalah para fotografer atau foto editor yang menginginkan proses editing yang simpel dan tidak ribet.

Skylum sendiri sebenarnya sudah merilis aplikasi foto editor mereka sebelumnya, yaitu Luminar 4, mirip, namun ini merupakan produk yang sama sekali berbeda dengan Luminar AI ini. Lumniar 4 yang nampaknya diharapkan para penggunanya sebagai alternatif pengganti Photoshop atau Lightroom dengan teknologi yang lebih canggih. Tetapi sepertinya harapan itu tidak terwujud sekarang.

Spesifikasi

Minimum spesifikasi untuk instal Luminar AI
Sistem Operasi : Mac dan Windows
Versi OS : MacOS 10.13.6 atau Windows 10 (64-bit)
Prosesor : Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5 atau lebih baik
RAM : 8GB (Rekomendasi 16GB)
Hardisk : 10GB (SSD lebih baik)


Catalog

Ada satu fitur Katalog di Luminar AI yang memungkinkan Anda untuk mengorganisir, menelusuri, menyaring, dan mengatur foto Anda, dan setiap perubahan atau editan yang dibuat pada sebuah foto bisa dengan mudah dikembalikan atau dimodifikasi kapan pun.

Anda bisa menambahkan foto tunggal atau folder berisi foto ke dalam sebuah katalog. Untuk mengeditnya tinggal Anda pilih dan klik foto tersebut, kemudian akan dibawa ke tab editing/template untuk mulai mengedit.


Jika Anda memilih template, maka foto akan diproses secara otomatis berdasarkan template yang dipilih. Ini mirip dengan preset di Photoshop atau Lightroom. Setelah kita menerapkan sebuah template ke foto, kita masih bisa untuk melakukan adjustment atau penyesuaian pada masing-masing variabel.

Fitur Sky Replacement

Salah satu fitur yang menakjubkan, dengan fitur Sky Replacement ini memungkinkan kita untuk mengganti langit secara otomatis. Teknologi AI akan menganalisa langit, bahkan sampai tau garis horizon, kemudian mengganti dengan stok langit yang disediakan, atau bahkan bisa menggunakan stok foto langit kita sendiri.

Fitur Sky Replacement ini salah satu yang akan saya highlight pada Luminar AI, karena tidak hanya sekedar mengganti langit saja, akan tetapi bisa menyesuaikan keseimbangan warna foreground/latar depan berdasarkan warna langitnya.

Sebagai contoh kita mengganti foto siang hari diganti menjadi langit malam yang berbintang, maka secara otomatis nuansa foto juga akan disesuaikan seperti nuansa malam sesungguhnya, mulai dari brightness maupun color balance nya. Bahkan kita bisa kontrol dan sesuaikan secara manual juga, jadi lebih fleksibel.


Menariknya, semua perubahan yang kita lakukan dalam mengedit foto itu bisa dikontrol manual dan tidak merusak foto (non-destructive). Kita bisa kembali ke langkah sebelumnya untuk mengoreksi variabel editing kapan pun.


Portrait Section

Beberapa fitur portrait yang ada di Luminar AI memungkinkan kita untuk meniruskan wajah, melangsingkan tubuh, meningkatkan kecerahan wajah, mengubah warna iris mata, dan bisa membersihkan noda pada kulit tanpa menghapus teksturnya.

Luminar AI bukan hanya memberikan efek realitas yang menakjubkan, tetapi juga mempunya pendekatan yang halus dan sensitif untuk editing foto potret.


Kemudahan Penggunaan

Luminar AI sangat mudah digunakan dan memiliki user interface dan alur kerja yang cukup sederhana, dari katalog, template, edit, dan export.

Sayangnya dari user interface dan alur kerja yang sederhana ini, Skylum memutuskan tidak menyediakan fitur Layer, sebagaimana yang ada pada Luminar 4. Bagi Anda yang butuh untuk composite atau menggabungkan foto, tentu saja tidak bisa dikerjakan di Luminar AI ini. Solusinya, mereka mengganti Layer dengan Masking Lokal, artinya masking untuk masing-masing filter yang kita terapkan pada foto, sehingga kita bisa memilih untuk menampilkan atau menyembunyikan efek filter pada bagian tertentu foto.


Kesimpulan Saya

Luminar AI mampu menghasilkan foto dengan sky replacement yang sangat rapi dan foto portrait yang realistis dengan teknologi AI yang bagus melalui template yang disarankan, atau kita bisa melakukan beberapa penyesuaian di beberapa variabel. Mengedit foto dengan Luminar AI sangat efisien dan menghemat waktu, proses mengedit menjadi simpel dan tidak ribet.

Kelebihan:
Fitur Sky Replacement yang Menakjubkan
Peningkatan foto potret yang realistik dan halus
Tools otomatis yang efektif

Kekurangan:
Tidak mendukung Layer
Template tidak selalu menarik
Tidak ada versi Mobile

Jadi, apakah Luminar AI layak untuk Anda coba? Silahkan download dan lihat detailnya di sini:

Older Posts
Newer Posts
Alvian Indonesia
Alvian Indonesia Tips desain grafis, fotografi dan editing dari Alvian Indonesia. IG:@alvian.indonesia

Post a Comment

Ads Display