24 C
en

Membuat Audio Spektrum dengan Sonic Candle


Apakah Audio Spektrum itu? Jika kamu sering mendengarkan streaming music digital seperti spotify, joox, ataupun music player di smartphone, biasanya disitu terdapat audio spektrum. Audio spektrum adalah sebuah video berbentuk seperti gelombang suara yang bergerak menyesuaiakan nada suara tersebut. Sebagai contoh, penggunaan audio spektrum bisa dilihat pada video berikut:


Audio spektrum bisa kita pakai untuk membuat file mp3 menjadi sebuah video yang lebih dinasmis seperti video di atas. Dibandingkan gambar statis, kehadiran audio spektrum ini bisa membuat tampilan video jadi lebih hidup.

Untuk membuatnya ada beberapa cara dan aplikasi, tetapi pada tutorial kali ini saya akan tunjukkan cara membuat audio spektrum menggunakan aplikasi yang diinstal di laptop atau komputer. Kita butuh untuk download dua buah aplikasi yaitu Java dan Sonic Canlde. Keduanya merupakan aplikasi yang bisa didownload secara gratis.

Java for Windows

Kita perlu download dan instal Java platform ini karena nanti kita butuhkan untuk menjalankan aplikasi Sonic Candle. Untuk download bisa klik link berikut: https://www.java.com/en/download/

Sonic Candle

Aplikasi ini berfungsi untuk mengubah file audio mp3 menjadi sebuah video yang berbentuk audio spektrum, sebagaimana dijelaskan di atas. Silahkan download dulu di sini https://sourceforge.net/projects/soniccandle/files/


Cara Menggunakan Sonic Candle

Buka folder file hasil download, kamu akan lihat ada file dengan nama sonic-candle-1.1.11.jar. kemudian klik kanan, Open with > Java Platform. Sehingga akan muncul tampilan aplikasinya seperti gambar di bawah ini:


Video Properties

Frame Rate : Jumlah frame per detik, biasanya diisi 30 atau 60 fps
Wideo Width : Resolusi panjang video diisi 1920
Video Height : Resolusi tinggi video diisi 1080
Video dengan resolusi Full HD berukuran panjang dan lebar 1920 x 1080 p.

Input and Output Files

Set Input : Tambahkan file berupa audio .mp3
Output Format : Pilih Mp4 video file
Set Output : Tentukan lokasi hasil videonya.

Background Option

Di sini kita bisa pilih beberapa tipe background, ada solid color, pakai gambar bawaan aplikasi, atau gambar kita sendiri. Dalam hal ini saya pilih solid color berwarna hijau (seperti green screen di film), karena nantinya akan saya buat transparan background nya. 

Bar Customization

Bar Style : Pilih 01 Thick Blok
Color Picker : Pilih warna orange atau kuning telur

Render

Sebelum mulai render, di sebelah kanan ada preview untuk melihat tampilan video spektrum yang akan kita render. Kamu bisa set frame rate nya di posisi tertentu, misalkan disitu saya contohkan pada posisi frame ke 22, lalu tekan Preview. Tampilan preview videonya akan tampak seperti gambar di bawah, lalu Klik Render.


Kalau sudah jadi, tinggal kita masukkan hasil video spektrum itu ke aplikasi video editor seperti Adobe Premier Pro, Camasia, atau Davinci Resolve, kemudian tambahkan Efek Luma Key untuk menghilangkan background warna hijau yang ada pada video. Sehingga hanya menyisakan spektrum berwarna orange saja. Setelah itu bisa dikombinasikan dengan background foto atau desain yang telah kita siapkan sebelumnya. Detailnya bisa tonton video tutorial di bawah ini:



Demikian cara untuk Membuat Audio Spektrum dengan Sonic Candle. Jika ada pertanyaan bisa tulis di komentar ya. Silahkan dishare jika dirasa bermanfaat.

---

Yuk, terhubung!
Older Posts
Newer Posts
Alvian Indonesia
Alvian Indonesia Tips desain grafis, fotografi dan editing dari Alvian Indonesia. IG:@alvian.indonesia

Post a Comment

Ads Display