Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar Photoshop Untuk Pemula : #2 Merubah Ukuran Gambar Foto


Ini adalah episode #2 dari Seri Dasar Photoshop Untuk Pemula. Artikel kali ini akan membahas pengolahan gambar dan lembar kerja (canvas) yang sering digunakan pada umumnya yaitu bagaimana caranya untuk Resize, Crop Image, dan Mengubah Canvas Size. Secara singkat akan saya tulis poin materi kali ini di bawah.

Episode #2 Mengubah Ukuran Gambar

  1. Merubah ukuran gambar
  2. Mengatur resolusi gambar
  3. Crop dan straighten gambar
  4. Memperluas ukuran canvas
Keempat materi di atas adalah pengolahan gambar di Photoshop yang sangat sederhana sekali dan sering digunakan untuk keperluan apapun. Tanpa panjang lebar saya akan jelaskan secara singkat materi tersebut.

1. Merubah ukuran gambar (resize)

Ukuran sebuah gambar atau foto yang paling sering digunakan di Adobe Photoshop adalah Centimeters, Inches dan Pixels. Namun selain satuan tersebut, ada juga satuan lainnya seperti Milimeters, Points, dan Picas, tergantung bagaimana kebutuhan dan preferensi kita.

Umumnya untuk keperluan cetak, satuan ukuran gambar yang dipakai adalah Milimeters, Centimeters, atau Inches. Sedangkan untuk keperluan gambar di website atau sosial media menggunakan satuan ukuran Pixels. Contoh : 1920 x 1080 Pixels.

Untuk merubah ukuran suatau gambar di Photoshop bisa diakses melalui Menu Bar : Image > Image Size. Kemudian pilih satuan bisa berdasarkan persentase, pixels, centimeters, atau satuan lainnya. Lalu pada bagian Width dan Height diisi angka sesuai kebutuhan, lalu klik OK.


2. Mengatur resolusi

Resolusi sebuah gambar atau foto biasanya perlu kita perhatikan saat hendak mencetak sebuah foto. Untuk keperluan cetak di kertas HVS atau majalah biasanya perlu menggunakan resolusi 300 Pixels/Inch. Sedangkan gambar atau foto untuk diposting di website atau media sosial cukup menggunakan resolusi 72 Pixels/Inch atau 96 Pixels/Inch. Kemudian untuk media cetak lain seperti spanduk, banner, backdrop bisa menggunakan resolusi 150 Pixels/Inch.

Contoh: Foto dengan resolusi awal 100 Pixels/Inch (seperti gambar sebelumnya di atas) ingin saya ubah resolusinya menjadi 300 Pixels/Inch di Photoshop. Pertama, bagian Resample Jangan dicentang, sehingga tidak merubah jumlah pixels foto aslinya. Bagian resolusi diganti dari 100 menjadi 300, maka Width dan Height akan berubah secara otomatis karena resolusi dinaikkan. Kemudian klik OK.


3. Crop Image dan Straighten

Terkadang ada bagian dari foto yang sebenarnya tidak kita ingin tampilkan, misalkan karena saat pemotretan tidak sempat untuk memikirkan komposisi foto, sehingga ada objek yang mengganggu tertangkap oleh kamera kita. Disinilah peran editing sangat diperlukan untuk membuang objek pengganggu, salah satunya dengan cara menggunakan Crop Tool. Crop Tool berfungsi untuk membuang bagian foto yang tidak perlu. Sedangkan Straighten berfungsi untuk meluruskan orientasi foto yang miring.

Untuk menggunakan Crop Tool, bisa kita temukan pada Tools Panel yang ada di sebelah kiri Workspace, atau bisa menggunakan shortcut pada keyboard dengan menekan tombol "C".


4. Memperluas ukuran canvas

Saat kita membuat desain di Photoshop terkadang kita merasa bahwa area dokumen terasa kurang luas atau kurang lebar. Maka kita bisa ubah ukuran canvas menjadi lebih luas. Untuk merubah ukuran canvas bisa kita akses melalui Menu Bar : Image > Canvas Size. Kemudian kita masukkan angka seusuai ukuran yang kita inginkan, untuk bagian Relative tidak usah dicentang.


Itulah empat poin yang kita pelajari pada Dasar Photoshop Untuk Pemula episode #2 Mengubah Ukuran Gambar. Untuk melihat lebih detail bagaimana menggunakan fitur dan tools yang sudah disebutkan di atas, saya sudah membuatkan videonya di Kanal Youtube saya.

Saya lampirkan juga ya di bawah, jadi tinggal tonton saja. Jangan sungkan untuk subcribe juga ya supaya dapetin update video baru dan untuk mendukung Kanal Youtube dan blog saya ini. Hehe.



Demikian Seri Dasar Photoshop Untuk Pemula episode #2 Merubah Ukuran Gambar. Jika ada pertanyaan bisa tulis di komentar ya. Silahkan dishare jika dirasa bermanfaat.

Yuk, terhubung!

Alvian Indonesia
Alvian Indonesia Tips desain grafis, fotografi dan editing dari Alvian Indonesia. IG:@alvian.indonesia

Posting Komentar untuk "Dasar Photoshop Untuk Pemula : #2 Merubah Ukuran Gambar Foto"