Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Objek dan Subjek Dalam Fotografi


Belajar fotografi tidak melulu soal teknik memotret saja, tetapi juga perlu mengerti teori dasar, termasuk memahami hal sederhana seperti perbedaan objek dan subjek dalam fotografi.

Kita perlu mengerti perbedaan objek dan subjek dalam fotografi supaya kita bisa paham setiap pembahasan yang menggunakan kedua istilah tersebut, baik di komunitas, diskusi foto, maupun dalam proses belajar saat membaca artikel atau buku fotografi.

Perbedaan Objek dan Subjek Dalam Fotografi

Untuk lebih memahami perbedaan objek dan subjek ini, akan coba kita jabarkan melalui beberapa foto berikut.

Photo by Sandy Zebua on Unsplash
Misalkan kita memotret di sebuah desa yang di dalamnya terdapat gunung, sawah, dan petani. Maka, yang menjadi objek dalam foto tersebut adalah desa, sedangkan subjek dalam foto ada beberapa seperti gunung, sawah, dan petani. Jika ada beberapa subjek dalam foto, biasanya ada subjek yang lebih menonjol atau menarik perhatian, ini disebut dengan subjek utama atau Point of Interest (POI) yaitu petani berbaju kuning.

Apakah sebuah foto harus selalu ada Point of Interest (POI)?

Dalam fotografi kehadiran POI sangat penting ada pada sebuah foto, ini bertujuan untuk memberikan kedalaman visul dan cerita yang hendak disampaikan melalui foto tersebut. Silahkan baca artikel di sini untuk Mengenal dan Menentukan Point of Interest lebih lanjut.

Photo by NELbali Photography on Unsplash
Kita beralih ke foto kedua, ada sebuah foto yang diambil di lingkungan sawah dimana ditepi sawah ada dua orang gadis yang berada di tegalan sawah sambil membawa makanan di tangan nya. Manakah yang merupakan objek, subjek, dan dimana subjek utama atau POI nya? Menurut saya objek dalam foto di atas adalah sawah, subjek nya dua orang gadis desa, kemudian subjek utama nya adalah gadis yang tersenyum, karena lebih menarik untuk dilihat.

Photo by Bagir Bahana on Unsplash
Foto selanjutnya, yang menjadi objek foto adalah sebuah pantai dengan bukit dan kapal yang menjadi subjeknya, sedangkan subjek utama adalah kapal yang paling besar.

Kesimpulan

Dengan demikian bisa kita buat definisi sederhana mengenai Perbedaan Objek dan Subjek Dalam Fotografi, sebagai berikut.

Objek Foto
Objek adalah gambaran skala besar yang ada dalam sebuah komposisi foto. Contohnya tempat, desa, sawah, laut, hutan, dan sebagainya.

Subjek Foto
Subjek adalah elemen yang lebih kecil yang ada dalam suatu foto. Contoh : Orang, benda, hewan, rumah dan sebagainya.

Point of Interest (POI)
Elemen dalam foto yang paling menarik perhatian saat pertama kali dilihat.

Memang penting bagi kita untuk memahami istilah objek, subjek dan POI ini, sehingga kita bisa mengatur komposisi saat memotret, supaya hasil foto kita dapat menyampaikan visual dan cerita yang menarik untuk dilihat.

Demikian penjelasan Perbedaan Objek dan Subjek Dalam Fotografi yang bisa saya sampaikan.Jika ada pertanyaan bisa tulis di komentar ya. Silahkan dishare jika dirasa bermanfaat. 

Yuk, terhubung! 
Alvian Indonesia
Alvian Indonesia Tips desain grafis, fotografi dan editing dari Alvian Indonesia. IG:@alvian.indonesia

Posting Komentar untuk "Perbedaan Objek dan Subjek Dalam Fotografi"